Saturday, May 16, 2009

Simulasi Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB) / Motion with Constant Acceleration Simulation

Simulasi berikut merupakan simulasi untuk gerak luruss berubah beraturan, kita dapat mengatur kecepatan awal serta kecepatan akhir serta percepatan/perlambatannya, sehingga diketahui berapa waktu dan perpindahan yang ditempuh oleh mobil. Silahkan mencoba...
DOWNLOAD

Proyek Pembuatan Simulasi Gelombang / Waves Simulation Project

Proyek ini saya selesaikan selama kurang lebih 2 minggu, semua materi adalah materi getaran dan gelombang yang dikhususkan untuk siswa SMP, dengan simulasi ini, diharapkan siswa dapat langsung praktek mengukur jumlah getaran bandul maupun pegas, siswa juga dapat secara langsung mengukur kecepatan rambat gelombang transversal dan longitudinal dan juga panjang gelombang. Di bawah ini saya tampilkan screenshootnya.

I completed this project for about 2 weeks, All content on this material are vibration and wave that devoted to the junior high school students, with this simulation, students expected can directly measure the amount of practical vibration pendulum and spring, students can also directly measure the speed of transversal waves and longitudinal waves an also wavelength. Below I show screenshoots

Simulasi menghitung getaran dengan bandul
Simulation of the vibration with pendulum








Simulasi menghitung getaran dengan pegas
Simulation of the vibration with spring









Simulasi gelombang longitudinal
Longitudinal waves simulation

Friday, May 15, 2009

Simulasi Bandul Sederhana / Simple Pendulum Simulation

Simulasi berikut sangat membantu bagi yang ingin melakukan percobaan tentang bandul sederhana, panjang tali serta nilai percepatan gravitasi dapat diatur untuk kebutuhan percobaan. Selamat mencoba...

Developed by : Fahrul Effendi, S.Pd
Download


Simulasi Faktorial / Factorial Simulation

Sebenarnya ini sih gak cocok dibilang simulasi, tapi ya dari pada gak ada nama, media ini cenderung ke arah game menebak nilai faktorial (hasilnya) dari soal yang dikeluarkan, sangat membantu bagi yang ingin latihan lebih mendalam tentang faktorial sepuluh angka...
Developed by : Fahrul Effendi, S.Pd
DOWNLOAD

Simulasi Isobarik / Isobaric Simulation

Simulasi berikut akan berhubungan erat dengan termodinamika, kita akan mempelajari bagaimana proses perubahan Suhu dan Tekanan suatu gas ideal dalam kondisi Volume tetap. Selamat menikmati...
Download 

Friday, April 17, 2009

Simulasi Pencampuran Warna / Colors Mixed Simulation

Bagi anda yang ingin melihat simulasi pencampuran warna-warna elementer, silahkan pelajari simulasi ini, cukup dengan mengklik tombol masing-masing senter,

maka lampu senter akan menyala sesuai dengan warnanya, selamat menikmati...
Download
Di sini

Sunday, March 29, 2009

Membuat Simulasi Gerak Parabola dengan Flash

Gerak parabola adalah gerakan sebuah benda yang berada di udara dengan lintasan parabola yang memiliki komponen kecepatan dengan arah horizontal dan percepatan pada arah sumbu y sama dengan percepatan gravitasi. Di dalam flash anda bisa membuat simulasi tersebut. Perhatikan langkah-langkah berikut:

step 1 : buat stage dengan ukuran 800x400, di kasih deh background spy lbh cantik, trus kunci layernya, and buat layer kedua
step 2 : buat bola ukuran 15 x 15, convert to movie clip, and jgn lupa titik registrasinya harus di tengah,kasih nama instance name misal bola.
step 3: klik mc bola ,masukkan kode berikut:

  • onClipEvent (load) {
  • fire = 0;
  • var Vo = _root.ubah_Vo.level;
  • t = 0;
  • g = 9.8;
  • var Xo = 50;
  • var Yo = 277;
  • var sudut = _root.ubah_sudut.level;
  • alpha = sudut-90;
  • radian = alpha*3.14/180;
  • }
  • onClipEvent (enterFrame) {
  • if (fire == 0) {
  • var Vo = _root.ubah_Vo.level;
  • _x = Xo;
  • _y = Yo;
  • var sudut = _root.ubah_sudut.level;
  • alpha = sudut-90;
  • radian = alpha*3.14/180;
  • t = 0;
  • }
  • if (fire == 1) {
  • t += 0.2;
  • _x = Xo+Vo*Math.sin(-radian)*t;
  • _y = Yo-(Vo*Math.cos(-radian)*t-0.5*g*t*t);
  • if (_y>Yo) {
  • _root.ledakan.gotoAndPlay(2);
  • _root.ledakan._x = _x;
  • _root.ledakan._y = _y;
  • fire = 0;
  • }
  • }
  • }

step 4 : bwt sebuah tombol dari rectangle bisa, dari tombol apapun bisa, yg pnting tulisannya "tembak" atau "fire", isikan kode berikut pada tombol

  • on (press) {
  • _root.bola.fire = 1;
  • }

step 5 : sama seperti step 4, cuma tulisannya diganti "reset", isikan kode berikut pada tombol

  • on (press) {
  • _root.bola.fire = 0;
  • }

step 6: cari glider dalam flash untuk mengubah kecepatan awal dan sudut tembak
window - commom libraries - buttons
geser ke bawah cari classic button, buka knob and fader - fader gain, sorot ke stage,
step 7 : beri nama mc fader gain dengan nama ubah_Vo, lalu klik 2x utk masuk ke dalam mc fadergain, cari frame action scriptnya, buka, cari tulisan level = 100, ubah menjadi level = 70 atau level = 50, tergantung selera,
step 8 : perhatikan library, cari mc fader gain, klik kakan dan duplicate, namanya terserah ente, geser ke stage, dekatkan dengan mc ubah_Vo, beri nama fadergain2 dengan nama instance name ubah_sudut.
step 9 :klik doble pada mc ubah_sudut, cari action frame dan buka, sama seperti step 7, cuma level = 70 loe ganti dengan level = 30 atau level = 45, (sudut istimewa, he he), nah trus lhoe ganti SEMUA ANGKA YANG BERTULISKAN 100 DANGAN ANGKA 90, klo gk salah ada sekitar 5 biji, intinya karena sudut yang kita pake hanya sampe 90 aja ya, klo 100 derajat ribet, berabe.
step 10: buat mc ledakan, kasih nama juga ledakan, klik 2x trus kosongkan frame 1, jadi ledakan hanya ada di frame ke 2 ampe selesai (tergantung selera), buat layer baru dalam mc ledakan, pada frame 1, masukkan kode

  • stop();

coba deh test movie
udeh dulu ya, kritik and sarannya ditunggu.....

Comments system

Disqus Shortname

Disqus Shortname

Comments System

Disqus Shortname

Comments system