Tuesday, December 2, 2014

Simulasi Flash : Momentum Linear + Source Code ACtion Script 2.0


Simulasi momentum linear merupakan aplikasi yang saya buat menggunakan Macromedia Flash 8 dengan bahasa pemograman Action Script 2.0. Dalam simulasi ini, pengguna akan diajak untuk mempelajari konsep momentum, hukum kekekalan momentum,  perubahan momentum, serta transfer energi yang terjadi antar benda yang saling bertubrukan.

Komponen utama dalam aplikasi ini adalah kita dapat mengubah besar dan arah kecepatan dari dua benda yang akan bertumbukan. Cukup dengan menggeser slider yang terletak di bawah mobil maka kecepatan awal benda sebelum tumbukan akan berubah dengan rentang 1 – 100 m/s untuk mobil pertama (mobil A) dan -100 s/d 100 m.s untuk mobil kedua (mobil B). Jika anda salah dalam mengatur kecepatan awal kedua mobil, maka sistem akan otomatis mengeluarkan respon bahwa tumbukan tidak akan mungkin terjadi tumbukan, tetapi di luar batas layar yang disediakan. Kecepatan bernilai positif menandakan bahwa benda akan bergerak ke kanan, dan sebaliknya tanda negatif benda akan bergerak ke kiri.

Komponen berikutnya dalam aplikasi ini yaitu kita dapat mengubah massa benda dalam rentang 1 – 100 kg, tidak disediakan dalam satuan gram. Namun jika Anda tetap menginginkan dalam satuan gram, cobalah melakukan pendekatan untuk mencari persamaannya.

Fitur lain pentingnya yang terdapat dalam aplikasi ini yaitu kita dapat mengatur jenis tumbukan yang akan terjadi, apakah lenting sempurna (elastis), lenting sebagian atau tidak lenting sama sekali (tidak elastis). Jenis tumbukan ditentukan oleh koefisien restitusi yang dapat diatur nilainya pada slider yang terletak pada bagian kanan aplikasi. Jika nilai e = 1 maka akan terjadi tumbukan elastis, jika nilai e berada di antara 0 dan 1 maka akan terjadi lenting sebagian, dan e = 0 untuk tumbukan tidak elastis.

Jika tombol “Start’ ditekan, maka kedua mobil akan bergerak sesuai dengan pengaturan kecepatan, massa benda dan koefisien restitusi. Hasil kecepatan dan arah pergerakan kedua mobil dapat terlihat setelah tumbukan. Perhitungan program didasarkan pada konsep perubahan momentum yaitu dengan mengkalkulasikan data-data yang masuk dalam program untuk diproses. Anda dapat melihat baris pemogramannya pada source code yang saya lampirkan pada link di bagian bawah posting.


Komponen pelengkap lainnya pada aplikasi ini yaitu saya coba menampilkan nilai energi kinetik dari kedua benda sebelum tumbukan dan setelah tumbukan. Namun ingat bahwa komponen ini hanya pelengkap, bukan sebagai komponen utama. Demikian review saya terkait aplikasi ini.

Download Flash .swf
Download Source Code .Fla

1 comment:

Comments system

Disqus Shortname

Disqus Shortname

Comments System

Disqus Shortname

Comments system