Thursday, October 22, 2015

Bagaimana Cara Promosi Lewat Brosur? Lakukan 4 Tips Berikut Untuk Maksimalkannya


Meskipun kini kehadiran pemasaran online dengan menggunakan dan memanfaatkan teknologi dan jaringan #internet telah marak, bukan berarti marketing offline kehilangan ruh dan kekuatannya. Marketing atau pemasaran offline yang dilakukan secara langsung menuju target pasarnya memang tidak bisa dilupakan begitu saja.
Bahkan beberapa pebisnis masih saja mengandalakan pemasaran ini untuk mendapatkan penjual dan pelanggan baru serta untuk meningkatkan penjualan dan omset. Beberapa marketing offline yang ada seperti word of mouth (WOM) dan penyebaran brosur ternyata diketahui juga masih banyak digunakan oleh beberapa perusahaan bahkan pada perusahaan ternama sekalipun.
Salah satu teknik pemasaran offline yang ada dan lazim dipakai karena efisiensi dan kemudahan itu adalah penyebaran brosur. Penyebaran brosur ini memang dianggap efisien dan efektif karena tim marketing ini tidak perlu susah payah berteriak-teriak, namun hanya memberikan selembar kertas yang berisikan informasi bisnis dan mungkin juga promo yang ada pada produk dan jasa Anda.

Meskipun efisien dan efektif, penyebaran brosur ini tetap harus dilakukan secara cermat dan tidak sembarangan agar sukses. Lalu seperti apakah tips dan teknik untuk bisa memaksimalkan #promosi lewat brosur ini? Berikut ulasannya.
1. Brosur Wajib Menarik
Tips pertama untuk membuat pemasaran dan promosi lewat brosur menjadi maksimal adalah dengan menjadikan brosur itu menarik. Namanya juga pemasaran brosur maka Anda tidak boleh melupakan tampilan brosur yang akan Anda berikan pada target Anda. Maka buatlah brosur yang menarik dan sebaik mungkin yang Anda bisa.
Gunakan #software pembuat brosur yang profesional. Jangan lupa juga untuk menampilkan bentuk, warna dan desain brosur yang bisa memanjakan mata calon konsumen Anda. Namun harus diingat bahwa beberapa hal seperti bentuk, warna dan desain brosur ini harus Anda sesuaikan dengan target pasar Anda. Jangan sampai memberikan warna-warna feminim pada target market Anda yang kebanyak seorang pria. Dan sebalikya jangan membuat warna maskulin pada brosur yang target pasar Anda adalah kaum hawa.
Setelah  beberapa poin terakait bentuk, desain dan wana selesai Anda buat, maka tahap berikutnya Anda harus membuat konten atau isi dari brosur yang menarik. Gunakan metode atau teknik AIDA yaitu Attention, Interest, Desire dan Action untuk bisa menarik calon konsumen saat membacanya. Dengan kombinasi antara desain dan konten yang menarik ini Anda akan berpeluang lebih besar untuk menarik orang untuk membeli produk dan jasa Anda.
2. Berikan Pada Target Pasar yang Tepat
Brosur Anda memang harus diberikan tepat pada orang yang tepat. Brosur yang membutuhkan biaya tentunya tak mau Anda sia-siakan begitu saja untuk dihambur-hamburkan atau diberikan pada orang yang tidak tepat. Maka dari itu sebelum menjalankan promosi lewat brosur, Anda harus sudah bisa menentukan target pasar Anda dengan jelas.
Setelah mendapatkan target pasar, maka berikan penjelasan pada tim marketing yang akan bergerak menyebarkan brosur ini untuk sungguh-sungguh bekerja dan memberikan brosur pada orang yang tepat. Dalam beberapa kasus, memang dijumpai bebrapa tim marketing ini bekerja asal-asalan agar cepat selesai.
Dengan pemberian brosur pada prang yang tepat maka Anda akan memiliki peluang yang besar untuk mengkonversi calon-calon konsumen tadi menjadi konsumen atau bahkan pelanggan Anda yang sesungguhnya.
3. Promosi Lewat Brosur Membutuhkan Lokasi yang Tepat 
Untuk mendapatkan orang yang tepat untuk brosur Anda tentu Anda atau tim marketing Anda harus bergerak ke tempat yang tepat dimana target pasar Anda berada. Jangan sampai Anda melepaskan tim marketing Anda tanpa penjelasan tentang tempat yang harus dituju.
Bila target penyebaran brosur ini banyak, maka Anda harus bisa merinci dan mendata tempat-tempat yang ada. Lakukan penyebaran tim marketing ke tempat-tempat yang sudah Anda data tadi untuk penyebaran brosur.
4. Lakukan Uji Coba dan Evaluasi Kembali
Terkahir, tips untuk membuat pemasaran dan promosi dengan brosur menjadi maksimal adalah melakukan uji coba. Ini memang poin penting untuk membuat promosi Anda suksesn dan tidak sia-sia. Selalu lakukan pengujian sebelum melakukan penyebaran secara masif baik pengujian pada materi brosur, target market dan metode penyebarannya.
Caranya sederhana, mintalah beberapa orang yang menjadi target pasar Anda untuk melihat dan mengomentari brosur yang Anda buat. Jika mereka tertarik dengan brosur yang Anda buat dan mau melakukan pembelian saat itu juga, maka itu tandanya Anda sudah bisa menyebarkannya secara masif.
Setelah penyebaran massif Anda juga perlu melakukan evaluasi dan pengukuran tingkat keberhasilan. Jika ada yang kurang, maka Anda harus segera memperbaikinya agar promosi brosur Anda semakin membaik dari waktu ke waktu.


No comments:

Post a Comment

Comments system

Disqus Shortname

Disqus Shortname

Comments System

Disqus Shortname

Comments system